Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Hijrah Ke Madinah Sebuah Kisah Yang Membanggakan Dikelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018-2019

Rahmadani, Suci (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Hijrah Ke Madinah Sebuah Kisah Yang Membanggakan Dikelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Suci Rahmadani (31121234).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran Time Token terhadap kemampuan representasi siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI materi hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan tahun ajaran 2018-2019.2. Untuk mengetahui besarnya taraf signifikan pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap kemampuan representasi siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI materi hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun 2018 – 2019. Jumlah populasi adalah 183 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling (sampel berkelompok). Sampel diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas yang dijadikan sampel terdiri dari 18 dan 18 siswa. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran time token dan kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen untuk pengumpulan datanya adalah dengan membagikan angket tentang pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Data dianalisi dengan menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,36 > 2,109) pada signifikansi α = 0,05 dengan derajat kebebasan df = 17. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan temuan tersebut dinayatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan dikelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:28
Last Modified: 21 Nov 2019 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7335

Actions (login required)

View Item View Item