Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al Barkah Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2018/2019

Ramadani, Wahyu Riski (2019) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al Barkah Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Barkah Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2018/2019”, 2) “Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Barkah Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2018/2019”, 3) “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Perkembangan sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Barkah Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2018/2019” Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah populasi adalah 40, 20 kelas Marwah dan 20 kelas Safa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampel dengan berjumlah sampel 20 kelas eksperimen dan 20 kelas kontrol. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis ( menggunakan uji t). Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya pengaruh penerapan pembelajaran tematik terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Al-Barkah. Hal ini dibuktikan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre test (6,25) dan nilai rata-rata post test (8,3) yang berjumlah 20 anak dengan nilai thitung = 5,4434 nilai ttabel = 2,101. 2) Adanya pengaruh metode pemberian tugas terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Al-Barkah. Hal ini dibuktikan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pre test (5,55) dan post test (6,8) yang berjumlah 20 anak, dengan nilai thitung = 2,6618 ttabel = 2,101.3) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran tematik dengan metode pemberian tugas terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Al-Barkah. Hal ini dilihat dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai post test dari kelas kontrol dan kelas eksperimen berjumlah 40 anak dengan nilai thitung = 3,9287 nilai ttabel = 2,030.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 20 Nov 2019 02:36
Last Modified: 20 Nov 2019 02:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7310

Actions (login required)

View Item View Item