Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al Barkah Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018-2019

Yulia, Ina (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al Barkah Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skribsi ina.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan:1 Untuk mengetahui kreativitas anak usia dini sebelum menggunakan strategi inkuiri di RA Al-Barkah Cinta Rakyat Percut Sei Tuan 2) Untuk mengetahui kreativitas anak usia dini setelah dilakukannya penerapan strategi inkuiri di RA Al-Barkah Cinta Rakyat Percut Sei Tuan 3) Untuk mengetahui adakah peningkatan kreativitas anak usia dini setelah diterapkan strategi inkuiri di RA Al-Barkah Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan metode Kemmis dan Taggart yaitu (rencana, tindakan, observasi dan refleksi). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh selama Prasiklus, siklus I, dan siklus II aitu, yaitu 1) Pada saat prasiklus jumlah nilai rata-rata 5 (25%). 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri di laksanakan di RA Al-Barkah Cinta Rakyat Percut Sei Tuan untuk meningkatkan kreativitas belajar anak. Hal ini diketahui melalui pelaksanaan siklus I dan siklus II, 3) Terjadi peningkatan setelah menggunakan strategi inkuiri dengan nilai dari nilai rata-rata 15 (75%) meningkat menjadi nilai rata-rata 17 (85%). Hal tersebut menunjukkan bawha dari penelitian dari siklus I dan siklus II telah mencapai peningkatan keberhaslan klasikal. 4) Respon anak dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh penulis, anak telihat bersemangat dan fokus dalam melakukan kegiatan kreativitas seni membentuk bebas terarah dan pencampuran warna, anak dapat melakukannya dengan lebih baik dari siklus I.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kreativitas Belajar Anak, Strategi Inkuiri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 20 Nov 2019 02:26
Last Modified: 20 Nov 2019 02:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item View Item