Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Talking Stick Kelas V MIS Nurul Ilmi Desa Sidomulyo Kecamatan Binjai T.A 2017/2018.

Hartinah, Siti (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Talking Stick Kelas V MIS Nurul Ilmi Desa Sidomulyo Kecamatan Binjai T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn, 2) hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada mata pelajaran PKn, 3) perbedaan hasil belajar siswa yang dengan strategi pembelajaran Snowball Throwing dengan Talking Stick. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V MIS Nurul Ilmi Kecamatan Binjai yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 35 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel atau Total Sampling yaitu sampel keseluruhan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen A menggunakan strategi pembelajaran Snowball Throwing yaitu kelas VA yang berjumlah 18 siswa dan satu kelas lagi sebagai kelas eksperimen B menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick yaitu kelas VB yang berjumlah 17 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn di kelas V MIS Nurul Ilmi sebelum diberi perlakuan rata-rata pre test siswa sebesar 71,67 dan post test 82,22. 2) Hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn di kelas V MIS Nurul Ilmi sebelum diberi perlakuan rata-rata pre test 56,67 dan post test 69,41. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MIS Nurul Ilmi dengan menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing dengan talking stick. Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh H0 ditolak pada taraf signifikan α=0,05 atau 5% dan dk= n1 + n2 – 2 = 18 + 17 – 2 = 33. Maka harga t(0,05:60)=2,101. Dengan demikian nilai thitung diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,119>2,101.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn Siswa, Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing, Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:25
Last Modified: 19 Nov 2019 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item View Item