Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Kec. Batang Kuis

Hartaty, Sri (2017) Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Kec. Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI HARTATY BKI IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar melalui layanan informasi di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Kec. Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Di dalam pendekatan setiap siklus menggunakan model Kemmis & Taggart yaitu: (1)Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Kec. Batang Kuis tepatnya pada siswa kelas VIII E, yang jumlah siswanya sebanyak 25 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1. Tes, 2. Observasi, 3. Wawancara singkat. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil instrument angket yang diberikan sebelum tindakan sebesar 40%, dan setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 52% dan pada siklus ke II lebih meningkat menjadi 80%. Jadi hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 28%, dengan kriteria berhasil dan kondisi ini telah mencapai target yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian ersebut maka kesimpulan yang diperoleh adalah layanan informasi dapat meningkatkan konsentrasi belajar di kelas VIII E MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, dengan melaksanakan layanan informasi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Kec. Batang Kuis

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 21 Nov 2019 00:55
Last Modified: 21 Nov 2019 00:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7281

Actions (login required)

View Item View Item