Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Batang Kuis

Mutiani, Mutiani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUTIANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair share lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning di kelas VIII SMP N 2 Batang Kuis 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Batang Kuis Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 50 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1) pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berfikir kritis matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 2) pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berfikir kritis matematika lebih baik dari pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis matematika pada materi kubus dan balok. 3) pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tidak lebih baik dari pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 4) Model pembelajaran tidak memiliki interaksi terhadap kemampuan berfikir kritis matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Think Pair Share daripada Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:36
Last Modified: 18 Nov 2019 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7238

Actions (login required)

View Item View Item