Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Sifat-Sifat Air Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Maryam Sei Rampah Tahun Ajaran 2018/2019.

Rahmah, Husnia (2019) Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Sifat-Sifat Air Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Maryam Sei Rampah Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsii Husnia Rahmah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Upaya pengenalan tentang sifat-sifat air hendaknya dilakukan sejak usia dini dengan kegiatan yang menyenangkan dan melalui metode eksperimen agar anak mengalami proses sains secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan kognitif mengenal sifat-sifat air sebelum diterapkan metode eksperimen, 2) kemampuan kognitif mengenal sifat-sifat air sesudah diterapkan metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun di RA Maryam Sei Rampah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I yaitu dengan menggunakan metode eksperimen diperoleh dari 15 anak yang diteliti terdapat 9 (60%) anak yang berkembang sesuai harapan dan 2 (13,33%) anak yang berkembang sangat baik. Karena belum mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan maka perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang sangat signifikan terdapat 10 (66,67%) anak yang berkembang sesuai harapan dan 5 (33,33%) anak yang berkembang sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Sifat-Sifat Air, Metode Eksperimen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 15 Nov 2019 05:00
Last Modified: 15 Nov 2019 05:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item View Item