Putri, Anisa Dwi (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model-Eliciting Activities (MEAs) dan Pendekatan Open-Ended di MAN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI ANISA DWI PUTRI.pdf.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan Open-Ended di MAN 1 Medan; 2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan Open-Ended di MAN 1 Medan; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa yang diberi Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan Open-Ended di MAN 1 Medan; 4) Interaksi antara Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan OpenEnded di MAN 1 Medan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa di MAN 1 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Medan T.P. 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-5 sebagai kelas yang diajar dengan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan kelas XI MIA-7 sebagai kelas yang diajar dengan pendekatan Open-Ended. Data diperoleh dari Post-Test dengan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah dan 5 butir soal tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji teknik Two Way ANAVA dan dianjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan siswa yang diberi pendekatan Open-Ended di MAN 1 Medan. Dibuktikan dengan hasil analisis uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 4,120 > Ftabel = 3,962; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan siswa yang diberi pendekatan Open-Ended di MAN 1 Medan. Dibuktikan dengan hasil analisis uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 0,988 > Ftabel = 3,962; 3) Terdapat perbedaan kemampuan ii pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa yang diberi Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan siswa yang diberi pendekatan Open-Ended di MAN 1 Medan. Dibuktikan dengan hasil analisis uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 4,566 > Ftabel = 3,901; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan siswa yang diberi pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa di MAN 1 Medan. Dibuktikan dengan hasil analisis uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 0,826 < Ftabel = 3,901.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model-Eliciting Activities (MEAs) dan Pendekatan Open-Ended |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 08:06 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:39 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7185 |
Actions (login required)
View Item |