Pengaruh Model (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019

Oktaviani, Sri Rahayu (2019) Pengaruh Model (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
BURNING PDF KOSONG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 104231 Batang Kuis. Jenis penelitian ini berupa kuantitatif eksperimen, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104231 Batang Kuis T.A 2018/2019 pada semester 2 sebanyak 35 siswa pada kelas kontrol dan 32 siswa pada kelas eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh, analisis data dan pengujian hipotesis serta permaslahan yang dirumuskan maka dapat disimpulkan bahwa, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC) dari 6 teks wacana diperoleh rata-rata sebesar 79,53, dengan varians 187,60 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 50. Jauh berbeda dari pemahaman dikelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah wacana yang sama yaitu 6 wacana diperoleh rata-rata sebesar 65,29 dengan varians 154,45 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 40. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis yang dapat dibuktikan dengan hasil yang diperoleh pada uji t yaitu thitung > ttabel yaitu 4,639 >1,664.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CIRC, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 14 Nov 2019 04:11
Last Modified: 14 Nov 2019 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item