Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung.

Harahap, Nurhalimah (2019) Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NURHALIMAH HARAHAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan Komunikasi Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) Implementasi komunikasi Kepala Madrasah dengan guru dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung, (2) Implementasi komunikasi komunikasi dengan Kepala Madrasah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung, (3) Implementasi komunikasi antar sesama guru, dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun informan penelitian yaitu : Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, koordinator Bidang Study Pendidikan Umum, wali kelas, guru mata pelajaran, tata usaha (TU), petugas kebersihan, petugas keamanan (satpam). Untuk menganalisis data menggunakan model Milles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan uji credibilitas, dengan menggunakan teknik trianggulasi, transferabilitas, dependabilitas dan confirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: Pertama, implementasi komunikasi Kepala Madrasah dengan guru dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung, maka dapat disimpulkan: melakukan komunikasi verbal yaitu komunikasi lisan seperti mengadakan rapat, briefing dan face to face; Komunikasi nonverbal yaitu memahami bahasa tubuh guru dan melakukan komunikasi Digital seperti membagikan informasi melalui smartphone. Kedua, Komunikasi guru dengan Kepala Madrasah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung yaitu komunikasi nonverbal yaitu mencontoh keteladanan Kepala Madrasah; mengikuti seminar, workshop dan pembinaan untuk menumbuhkan skill dan profesionalisme guru dan adanya salary (gaji) yang tinggi. Ketiga, Implementasi antar sesama guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung yaitu mengadakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran); mengadakan kembali seminar, workshop, dan pelatihan yang pernah diikuti oleh guru dan tenaga kependidikan;mengasah kemampuan penggunaan komunikasi digital seperti penggunaan laptop dan ilmu teknologi dan melakukan koordinasi sesama guru dan tenaga kependidikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Kinerja, Guru.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:50
Last Modified: 15 Nov 2019 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7148

Actions (login required)

View Item View Item