Implementasi Bentuk Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDIT Bina Insan Batang Kuis.

Harahap, Atika Hanan Julia (2019) Implementasi Bentuk Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDIT Bina Insan Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ATIKA HANAN JULIA HARAHAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Bentuk Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDIT Bina Insan Kecamatan Batang Kuis. Adapun tujuan penelitian ini ingin mengungkap: (1) Untuk mendeskripsikan fungsi Kepala Sekolah dalam mengkomunikasikan visi, misi dan tujuan sekolah di SDIT Bina Insan Batang Kuis. (2) Untuk mendeskripsikan kinerja guru di SDIT Bina Insan Batang Kuis. (3) Untuk mendeskrispsikan bentuk komunikasi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT Bina Insan Batang Kuis. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk memeriksa keabsahan data mengunggunakan teknik tringulasi yaitu dengan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Langkah menganalisis data dengan menggunakan analisis data model Milles dan Hubberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menyimpulkan. Terdapat tiga temuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Fungsi Kepala Sekolah dalam mengkomunikasikan visi misi dan tujuan sekolah di SDIT Bina Insan Batang Kuis menggunakan tujuh fungsi Kepala Sekolah, yaitu: Kepala Sekolah sebagai pendidik, Kepala Sekolah sebagai manajer, Kepala Sekolah sebagai administrator, Kepala Sekolah sebagai supervisor, Kepala Sekolah sebagai pemimpin, Kepala Sekolah sebagai inovator dan Kepala Sekolah sebagai motivator. (2) Kinerja guru di SDIT Bina Insan Batang Kuis memiliki tingkat kedisiplinan, tanggung jawab dan inisiatif yang tinggi, serta guru di SDIT Bina Insan Batang Kuis memiliki peran guru sebagai: fasilitator, administrator, demostrator, konselor, motivator, moderator dan evaluator. (3) Bentuk komunikasi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT Bina Insan Batang Kuis menggunakan kedua bentuk komunikasi yaitu: komunikasi verbal yang mana Kepala sekolah menggunakan tutur kata yang santun, lemah lebut, tegas dan tersetruktur, Kepala Sekolah juga menggunakan komunikasi non verbal yang mana kepala sekolah menggunakan mimik wajah yang bijaksana, terampil dalam menggunakan komunikasi gerakan tubuh, dan mampu memahami situasi disekililingnya. Dengan demikian bentuk komunikasi Kepala Sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:50
Last Modified: 15 Nov 2019 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7147

Actions (login required)

View Item View Item