Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelas VMIN Kwala Begumit Binjai

Lestari, Nurwahida Ayu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelas VMIN Kwala Begumit Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
revisi SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IOC ( INSIDE OUTSIDE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC),pada mata pelajaran IPS, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 3) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan (eksperimen semu). Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelasberjumlah 58siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel total atau Cluster Random (Mengambil secara acak) yaitu sampel adalah diundi dari jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) pembelajaran IPS yaitu kelas IVA yang berjumlah 30 siswa, dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media buku paket pembelajaran IPS yaitu kelas IVB yang berjumlah 28 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar IPS siswa dilihat dari rata-rata nilai tes akhir (post tes)pada kelas eksperimen (IVA) dengan menggunakan model Model Inside Outside Circle (IOC),IPS diperoleh rata-rata post test87,67 sedangkan kelas kontrol (IVB) dengan menggunakan media buku paket pembelajaran IPS diperoleh rata-rata post test 75,00. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Model Inside Outside Circle (IOC),memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh media komik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperolehthitung > ttabel yaitu 6,010 > 2,006 (n=30) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Model Inside Outside Circle (IOC),berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MIN Kwala Begumit Binjai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Inside Outside Circle (IOC), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:49
Last Modified: 12 Nov 2019 07:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7127

Actions (login required)

View Item View Item