Simanjuntak, Aisy Humairah (2018) Peran Guru BK Dalam Menentukan Pilihan Sekolah Lanjutan Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Word.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran yang jelas tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling, (2) upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling mengarahkan sekolah lanjutan yang akan di ambil siswa, (3) peran guru bimbingan konseling dalam pemilihan sekolah lanjutan yang akan di ambil siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memanfaatkan observasi, wawancara, dan pengkajian dokumen. Adapun langkah yang ditempuh dalam menganalisis data adalah dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Sedangkan dalam mengkaji kevalidan atau tingkat kepercayaan data yang disajikan berikutnya dilakukan uji tingkat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil temuan penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Kisaran Kabupaten Asahan di dukungan beberapa komponen sekolah sehingga bimbingan dan konseling terus ditingkatkan. Pihak sekolah dalam pelaksanaan bimbingan konseling berupaya memaksimalkan fungsi pelayanan bimbingan dan konseling kepada seluruh siswa di sekolah, (2) Upaya guru bimbingan konseling dalam mengarahkan sekolah lanjutan siswa adalah dengan memberikan bimbingan juga dengan motivasi kepada diri siswa sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa, menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya diri ini mendukung diri siswa untuk lebih memahami dan mengenal potensi dirinya, sehingga ia mampu mempersiapkan diri dengan belajar dan melanjutkan pendidikan, (3) Guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam mengarahkan sekolah lanjutan bagi siswa di SMP Negeri 2 Kisaran Kabupaten Asahan. Guru pembimbing sudah meyakinkan siswa untuk dapat melanjutkan pendidikan guna memperoleh masa depan yang lebih baik.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Bimbingan dan Konseling, Pilihan Sekolah Lanjutan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 07:43 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 07:43 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7126 |
Actions (login required)
View Item |