Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kisah ‘Uzair (Analisis Kajian Surah Al-Baqarah Ayat 259 dan At-Taubah Ayat 30).

Sari, Dedek Dian (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kisah ‘Uzair (Analisis Kajian Surah Al-Baqarah Ayat 259 dan At-Taubah Ayat 30). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TesisDedekDianSari.pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui analisis teks Alquran melalui tafsir Alquran, yakni pembahasan terhadap informasi dalam Alquran yang dalam hal ini sumber primernya adalah kitab Alquran dan Kitab Tafsir Alquran dan sumber sekundernya adalah buku-buku yang berhubungan dengan pendidikan Islam dan kisah-kisah para nabi dan rasul. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali dan mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah ‘Uzair pada Alquran surat al-Baqarah ayat 258 dan at-Taubah ayat 30. Hasil dari pembahasan ini ialah terdapat 3 (tiga) macam nilai-nilai pendidikan Islam, di antaranya nilai akidah, intelektual, dan akhlak. Semua nilai-nilai ini relevan dengan pendidikan saat ini. Akidah akan mendidik manusia untuk meng-Esakan Allah dan tidak menyekutukanNya serta mengimani nabi dan rasulNya, intelektual akan mendidik manusia untuk menggunakan akalnya dalam berpikir tentang fenomena-fenomena alam, akhlak akan menjadikan manusia memiliki adab dalam pergaulan antar sesama manusia dan lingkungan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, pendidikan Islam, relevansi.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:47
Last Modified: 15 Nov 2019 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7091

Actions (login required)

View Item View Item