Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Investigasi Kelompok (Group Investigation) Pada Materi Kubus Dan Balok Di MTs Islamiyah YPI Batang Kuis T.A 2017/2018.

Huda, Nurul (2018) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Investigasi Kelompok (Group Investigation) Pada Materi Kubus Dan Balok Di MTs Islamiyah YPI Batang Kuis T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
CD Burning FIX.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual dan investigasi kelompok di MTs Islamiyah Batang Kuis T.P.2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Islamiyah YPI Batang Kuis T.P. 2018-2019 yang berjumlah dua kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-1 sebagai eksperimen I dengan model pembelajaran kontekstual dan kelas VIII-2 sebagai eksperimen II dengan model pembelajaran investigasi kelompok. Instrumen pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam bentuk uraian yang berjumlah tujuh soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis data post test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1329) < Ltabel (0,1419) dan post test eksperimen II diperoleh L0 ( 0,0911) < Ltabel (0,1419). Sehingga disimpulkan data post test kedua sampel berdistribusi normal. Dari data post test yang dianalisis berupa uji homogenitas pada kelas eksperimen I dan eksperimen II diperoleh x2 hitung (1,0694) < x2 tabel (1,7045) maka kedua sampel homogen. Sedangkan hasil hipotesis diperoleh thitung (2,00582) > ttabel (1,9916) berrati Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual dan investigasi kelompok di MTs Islamiyah YPI Batang Kuis T.P.2018-2019. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih baik/tinggi dari model pembelajaran investigasi kelompok. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata- rata kelas sebesar 83,883 untuk model pembelajaran kontesktual dan 79,480 untuk model pembelajaran investigasi kelompok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Model Kontesktual dan Investigasi Kelompok.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:47
Last Modified: 15 Nov 2019 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item