Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dikelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan T.P. 2014/2015.

Sari, Juwita (2017) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dikelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan T.P. 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
JUWITA SARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah).Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 20 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap akhir siklus diberi tes hasil belajar siswa berbentuk isian yang telah melakukan proses validasi. Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulumelakukan pra-penelitian dengan memberikan tes kemampuan awal kepada siswa yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Berdasarkan hasil analisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu dari 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 60% (12 siswa yang lulus) dan meningkat menjadi 85% (17 siswa yang lulus) pada siklus II. Dari hasil penelitian kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:42
Last Modified: 15 Nov 2019 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7004

Actions (login required)

View Item View Item