Simatupang, Shifia Barkah (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran IPA Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di Kelas V MIN Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI SHOFIA BARKAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus yang berlangsung dilaksanakan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan terus menerus mewujudkan proses pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V MIN Medan yang berjumlah 40 orang. Setelah penelitian ini berlangsung selama dua siklus, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Aktivitas belajar siswa semakin membaik pada siklus II jika dibandingkan dengan siklus I. Dimana pada siklus I aktivitas menulis dan membaca turun dari 53,81% menjadi 19,63%, aktivitas mengerjakan LKS dari 29,05% menjadi 19,63%, bertanya kepada teman dari 12,86% menjadi 19,63%, bertanya kepada guru dari 12,38% menjadi 8,89%, kegiatan yang tidak relevan dari 15,71% menjadi 5,56%. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa semakin membaik pada siklus II jika dibandingkan dengan siklus I. 2) Hasil belajar siswa semakin membaik jika dibandingkan dengan data awal, siklus 1 dan siklus 2. Dimana pada data awal nilai tertinggi 70, siklus I 80, Siklus II 100, nilai terendah data awal 50, siklus I 60, siklus II 70, rata-rata data awal 61,54, siklus I 71,54, siklus II 86,92, ketuntasan klasikal data awal 0%, siklus I 76,92%, siklus II 100%. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 semakin meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) pada materi cahya dan sifat-sifatnya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, model kooperatif tipe TGT, pembelajaran IPA materi cahaya, MIN Medan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 03:58 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 03:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6974 |
Actions (login required)
View Item |