Hubungan Persepsi Guru Tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMK Daar Al Muhsinin Kec. Nibung Angus Kab. Batu Bara

Wijdan, Faruq (2018) Hubungan Persepsi Guru Tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMK Daar Al Muhsinin Kec. Nibung Angus Kab. Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi keseluruhan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai seorang supervisior pendidikan, kepala sekolah harus mampu melaksanakan berbagai pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dalam hal ini kinerja guru. Pengawasan dan pengendalian bertujuan agar guru tidak menyimpang dalam melaksanakan pekerjaannya, tentunya kegiatan supervisi kepala sekolah dapat digambarkan langsung dalam bentuk persepsi guru. Tujuan pengertian ini dilakukan ialah untuk :1) mengetahui tingkat kecenderungan persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah yang ada ; 2) mengetahui tingkat kinerja guru yang ada ; dan 3) hubungan signifikan antara kompetensi supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru yang ada. Subjek penelitian adalah guru SMK Daar Al Muhsinin Kec. Nibung Angus Kab. Batu Bara dengan populasi sebanyak 30 dan sampel penelitian sebanyak 30. Pengambilan sampel secara keseluruhan mengacu pada pendapat suharsimi arikunto yang menyaakan apabila populasi kurang dari 100 maka dapat diambil keseluruhannya sebagai sampel. Metode penelitian korelasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hitung variabel persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah sebesar 30 %, dan kinerja guru 23 %. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah (X) memberikan hubungan yang lemah sebesar 0.078 x 100 % = 7,8 % terhadap Kinerja Guru (Y) namun masih dapat dikatakan signifikan. Selanjutnya untuk menentukan signifikansi hubungan keduanya (Persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap Kinerja Guru ) dapat dilihat melalui uji ‘t”. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 1.540 sedangkan nilai t tabel = 1.701 . Oleh karena t hitung (1.540) < t tabel (1.701), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan lemah dan tidak signifikan antara variabel persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ỹ = 70.961 + 0.315 X, persamaan garis regresi ini menjelaskan bahwa jika faktor Persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah meningkat sebesar satu unit maka Kinerja Guru juga akan meningkat sebesar 0.315 + 70.961 = 71.276 satuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:09
Last Modified: 28 Oct 2019 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6964

Actions (login required)

View Item View Item