Rahmizul, Dara Tamami (2019) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain dengan Barang Bekas Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Daar Alfalah Tanjungbalai Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
DARA TAMAMI RAHMI ZUL.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan: 1) untuk mengetahui kreativitas anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah dilakukannya metode bermain dengan barang bekas, 2) untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di RA Daar Alfalah Tanjungbalai Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa atau anak RA Daar Alfalah Tanjungbalai tahun pelajaran 2018-2019 berusia 5-6 yang berjumlah 16 anak. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan metode bermain dengan barang bekas dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) kreativitas anak usia 5-6 tahun sebelum dilakukannya metode bermain dengan barang bekas (pra siklus) di RA Daar Alfalah Tanjungbalai Tahun Ajaran 2018-2019 diperoleh sebanyak 11 anak (68,7%) tergolong rendah dan sebanyak 5 anak (31,3%) yang tergolong sedang; (2) kreativitas anak usia 5-6 tahun sesudah dilakukan tindakan menggunakan metode bermain dengan barang bekas di RA Daar Alfalah Tanjungbalai Tahun Ajaran 2018-2019, pada siklus I diperoleh sebanyak 6 anak (37,5%) yang tergolong rendah, sebanyak 6 anak (37,5%) tergolong sedang, dan sebanyak 4 anak (25%) tergolong tinggi. Pada siklus II diperoleh sebanyak 1 anak (6,2%) yang kreativitasnya tergolong rendah, sebanyak 5 anak (31,3%) tergolong sedang dan sebanyak 10 anak (62,5%) tergolong tinggi; dan (3) ada peningkatan kreativitas anak pada usia 5-6 tahun melalui metode bermain dengan barang bekas di RA Daar Alfalah Tanjungbalai Tahun Ajaran 2018-2019, hal ini dibuktikan dari peningkatan jumlah atau persentase kreativitas anak secara klasikal maupun berdasarkan indikator kreativitas yang diamati mulai dari pra siklus, siklus I hingga siklus II.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Kreativitas , Metode Bermain dengan Barang Bekas |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 08:31 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 08:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6907 |
Actions (login required)
View Item |