Saragih, Sri Ardina (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Sifat Benda Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV MIS Islamiyah YPI Desa Bintang Meriah Kec. Batang Kuis Kab Deli Serdang T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI SRI ARDINA SARAGIH NIM. 36.14.3.087.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Perubahan Sifat Benda sebelum menerapkan model Quantum Teaching. Bagaimana penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran IPA sesudah menerapkan metode quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V MIS Islamiyah YPI Batang Kuis yang terdiri dari 28 orang siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Perubahan Sifat Benda meningkat. Pada siklus I jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 17 orang siswa atau 60,7%. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 23 siswa atau 82,1%. sedangkan 5 orang siswa atau 17,8% dinyatakan belum tuntas, maka dapat dikatakan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 21,4%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan model Quantum Teaching, Meningkatkan hasil belajar siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 08:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 08:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6904 |
Actions (login required)
View Item |