Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Model Pembelajaran TPS (Think Pair Dan Share ) Di Kelas IV Muhammadiyah 28 Kel. Pulo Brayan Darat II Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Rafi, Achmad (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Model Pembelajaran TPS (Think Pair Dan Share ) Di Kelas IV Muhammadiyah 28 Kel. Pulo Brayan Darat II Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS tentang Keanekaragaman suku bangsa dan budaya melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Hal ini di tunjukan dengan kurangnya frekuensi hasil belajar siswa, Tujuan dari penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran keanekaragaman suku bangsa dan budaya dengan model pembelajaran kooperatif Think – Pair dan share (TPS) Dan Penilaian autentik di kelas IV SD Muhammadiyah 28 Pulo Brayan Darat II Medan. PTK di lakukan di kelas IV SD Muhammadiyah 28 dengan jumlah siswa 20 . penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, peaksanaan, observasi , dan refleksi . siklus I dan II di laksanakan di dalam ruang kelas pada sub materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya. Pada siklus I Dan siklus II Tahap pertama jumlah siswa sebanyak 10 perempuan dan 10 laki laki siklus pertama yang tuntas sebanyak 12 dan tidak tuntas sebanyak 8 maka jika di gambarkan dalam persen maka sebanyak 60 % lulus dan tidak luus sebanyak 40 % dan pada siklus ke II maka meningkatnya penaikan sebesar 85% yang lulus dan 15 % yang tidak lulus Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya melalui model think pair dan share dan penilaian autentik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memenuhi KKM

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya, Model Think Pair Share
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:38
Last Modified: 23 Oct 2019 07:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6900

Actions (login required)

View Item View Item