Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Strategi Inquiry Di Kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kecamatan Sunggal T.A 2016-2017.

Siregar, Sinta Lesmarani (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Strategi Inquiry Di Kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kecamatan Sunggal T.A 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SINTA LESMARANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Hasil belajar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Inquiry pada pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan di kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kec. Sunggal.(2). Hasil belajar setelah menggunakan Strategi Inquiry pada pada pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan di kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kec. Sunggal. (3). Penerapan menggunakan strategi Inquiry pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian dikelas IV teerdiri dari 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 49,54%, siswa yang tuntas sebanyak 30,77% atau 4 siswa. (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan Strategi Inquiry pada siklus I nilai rata-rata menjadi 66,54% siswa yang tuntas 53,85% atau menjadi 7 siswa. (3) hasil belajar siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,92% siswa yang tuntas sebanyak 84,62% atau sebanyak 11 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:33
Last Modified: 23 Oct 2019 03:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item View Item