Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa BerIntellegensi Rendah melalui Konseling Behavior Di Kelas VIII-2 SMP YP Al Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Ningtias, Uke Ayu (2019) Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa BerIntellegensi Rendah melalui Konseling Behavior Di Kelas VIII-2 SMP YP Al Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UKE AYU NINGTIAS STAMBUK 2014 BKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar pada siswa yang berIntellegensi rendah di kelas VIII-2 SMP YP Al Maksum. Oleh sebab itu peneliti berkeinginan untuk mengadakan penelitian tentang motivasi belajar pada siswa berIntellegensi rendah yang akan ditingkatkan melalui konseling individu dengan menggunakan konseling behavior. Diharapkan siswa dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik. Karena ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar. Selain itu diharapkan siswa dapat secara mandiri mengatasi hal-hal yang mempengaruhi motivasi belajarnya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana fenomena Motivasi belajar pada siswa berIntellegensi rendah di kelas VIII-2 SMP YP. Al-Maksum? dan Adakah peningkatan motivasi belajar pada siswa berIntellegensi rendah di kelas VIII-2 SMP YP. Al-Maksum setelah mengikuti konseling behavior?. Subyek penelitiannya adalah siswa yang memilki motivasi belajar rendah dan tingkat Intellegensinya rendah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan skala Motivasi belajar. Hasil yang diperoleh yaitu: Klien Dimas Febriyan Lubis semakin tekun membaca, lebih percaya pada hal yang diyakini, tekun menghadapi tugas, dan lebih senang mengerjakan tugas secara mandiri. Dari uraian tersebut jelas bahwa motivasi belajar pada siswa berIntellegensi rendah dapat ditingkatkan melalui konseling behavior. Dari kesimpulan di atas maka ada beberapa saran pada siswa yang sudah mengikuti layanan konseling behavior diharapkan dapat mempertahankan perubaha perilaku yang sudah terbentuk selama dan sesudah proses konseling berlangsung. Selain itu untuk para konselor sekolah diharapkan dapat mengamati perkembangan motivasi belajar siswa setalah dilakukan konseling dan dapat menindaklanjuti ketika siswa tersebut memerlukan bantuan kembali

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Pada Siswa BerIntellegensi Rendah, Konseling Behavior
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:55
Last Modified: 21 Oct 2019 10:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item