Pengaruh Metode Scramble Terhadao Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019

Sagala, Lidia De Vega (2019) Pengaruh Metode Scramble Terhadao Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIDIA D VEGA S NIM. 36.15.3.053.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan metode Scramble pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Scramble pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Scramble dan tanpa penggunaan metode Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Pupulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis yang berjumlah 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Scramble lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar IPS di kelas eksperimen (V B) dengan metode Scramble diperoleh rata-rata postest yaitu 87,14, sedangkan pada kelas kontrol (V A) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata postest yaitu 71,56. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,656 > 2,660 pada taraf signifikasi α=0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan metode Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Scramble, Hasil Belajar IPS Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:20
Last Modified: 21 Oct 2019 10:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6871

Actions (login required)

View Item View Item