Novita, Novita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Vct (Value Clarificate Technique) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas V di MIN 12 Medan T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
NOVITA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Pengaruh Model VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas V di MIN 12 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V MIN 12 Medan . Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dankelas kontrol. Kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa, dan kelas VC sebagai kelas control dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 12 Medan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) adalah 81,5. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 79,5. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 25> 2,07.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dan Hasil Belajar PKn |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 04:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 04:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6861 |
Actions (login required)
View Item |