Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan T.A 2017-2018.

Putri, Faizah ALma (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan T.A 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FAIZAH_ALMA_PUTRI_N.PDF

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Ittihadiyah Medan, Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas VIII-3 (kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe TSTS) dan kelas VIII-4 (kelas yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan cara sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 26 soal. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan uji normalitas lilliefors didapat hasil Lhitung = 0,119 sedangkan dari daftar uji lilliefors pada taraf nyata α = 0,05 maka diperoleh harga Ltabel = 0,173. Sedangkan diperoleh Lhitung<Ltabel atau 0,119 < 0,173 yang berarti data hasil belajar siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (2) Berdasarkan uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,401<1,98) hal ini berarti dapat disimpulkan varians berasal dari berdistribusi yang homogen. (3) Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,02 dan ttabel = 1,676. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan T.A 2017-2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:18
Last Modified: 11 Oct 2019 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item