Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share)dan Tipe TAI (TeamAccelerated Instruction)di Kelas VIII MTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018

Kharisma, Indhi (2019) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share)dan Tipe TAI (TeamAccelerated Instruction)di Kelas VIII MTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDHI KHARISMA NIM 35144018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) di kelas VIII MTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018, 2) Mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) di kelas VIII MTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018,3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe TAI (Team Accelerated Instruction) di kelas VIII MTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianeksperimen yang dilakukan di kelas VIII MTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIMTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018. Sedangkan yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen II dengan masing-masing jumlah sampel 28 orang siswa dalam tiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test yang telah valid dari perhitungan validitas dengan reliabilitas soal yaitu 0,843 dengan jumlah soal yang valid 20 soal dari 30 soal yang diujicobakan. Dalam penelitian ini, uji normalitas pada data pre test pada kelas eksperimen I diperoleh Lhitung (0,145) < Ltabel (0,166) dan data pre test kelas eksperimen II diperoleh Lhitung (0,110) < Ltabel (0,166). Sedangkan uji normalitas pada data post test pada kelas eksperimen I diperoleh Lhitung (0,091) < Ltabel (0,166) dan data post test kelas eksperimen II diperoleh Lhitung (0,145) < Ltabel (0,166), yang berarti data pre test dan post test pada sampel penelitian memiliki sebaran data yang berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pre test diperoleh Fhitung (1,081) < Ftabel (1,905) dan data post test diperoleh Fhitung (1,122) < Ftabel (1,905), yang berarti data pre test dan post test pada sampel yang digunakan dalam penelitian berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil perhitungan uji t pada taraf α = 0,05 diperoleh -thitung (-3,44) <-ttabel (-1,674), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI di kelas VIII MTs Istiqlal Deli Tua T.P. 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe TPS (Think Pair Share), Tipe TAI (Team Accelerated Instruction) dan Hasil BelajarMatematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:09
Last Modified: 11 Oct 2019 03:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6816

Actions (login required)

View Item View Item