Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di RAAl-Musthafawiyah Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2018/2019.

Umairoh, Umairoh (2019) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di RAAl-Musthafawiyah Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
UMAIROH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap rasa percaya diri anak di RA Al-Musthafawiyah, (2) mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak di RA Al Musthafawiyah (3) mengetahui perbedaan pengaruh metode bermain peran dengan metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak di RA Al Musthafawiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design.Teknik pengambilan sampel menggunakanrandom dengan teknik undian.Instrumen pengumpulan data menggunakan test.Dan teknik analisis datamenggunakan uji statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh metode bermain peran terhadap rasa percaya diri anak di RA Al-Musthafawiyahhal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 4,33 menjadi 9,61denganthitung >ttabel, yaitu 16.0000>1,68957 (2) Tidak ada pengaruh metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak di RA Al Musthafawiyah hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 3,84 menjadi 5,31 dengan thitung <ttabel, yaitu0,9735 <1,68957 (3) Ada perbedaan pengaruh metode bermain peran dengan metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak di RA Al Musthafawiyah, terlihat dari uji hipotesis post-test kedua kelas yaitu thitung >ttabel yaitu = 3,3157>1,68957.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Metode Bermain Peran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 02 Oct 2019 08:06
Last Modified: 02 Oct 2019 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item