Upaya Meningkatkan HasilBelajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Teks Dialog Dengan Menggunakan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas VSDN 040459 Kecamatan Berastagi Kabupaten KaroT.A 2018/2019

Piliang, Deslita Florentika Br (2019) Upaya Meningkatkan HasilBelajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Teks Dialog Dengan Menggunakan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas VSDN 040459 Kecamatan Berastagi Kabupaten KaroT.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DESLITA FLORENTIKA BR PILIANG..pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasilbelajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Teks Dialog sebelum dan sesudah penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing di Kelas V Berastagi. 2) mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Teks Dialog dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Role Playing di Kelas V Berastagi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 040459 Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar Bahasa Indonesia dalam bentuk pilihan ganda dengan materi Memahami Isi Teks Dialog tes ini dilakukan sebanyak tiga yaitu, tes pra tindakan (pree test), tes hasil belajar I (post test I), dan tes hasil belajar II (post test II). Berdasarkan hasil penelitian tes awal (Pree Test) terdapat 1 siswa (3,3 %) yang tuntas sedangkan 29 siswa (96,7%) yang Tidak Tuntas, ketuntasan klasikal belajar yaitu 3,3% dengan nilai Rata-rata 37,73 %. Kemudian dilakukan siklus I dengan Menerapkan Strategi Role Playing,Pert. 1 terdapat 2 siswa (6,7 %) dan Pert. 2 yaitu 20 siswa (66,7 %) yang telah Tuntas. Siklus II Pert. I yaitu 23 siswa (76,7%) dan Pert. 2 yaitu 26 siswa (86,7%) yang telah Tuntas. Dari hasil tes belajar di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 040459 Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Strategi Role Playing
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:20
Last Modified: 02 Oct 2019 07:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item