Rambe, Siska Apriani (2019) Pengaruh Lingkungan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, Kecamatan Kota Pinang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SISKA APRIANI RAMBE 31133065.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, Kecamatan Kota Pinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keadaan lingkungan sekolah Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, karakter siswa di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, hubungan antara keadaan lingkungan sekolah dengan pembentukan karakter siswa di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, dan yang terakhir adalah pengaruh lingkungan terhadap pembentukan karakter siswa Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan lingkungan sekolah di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, karakter siswa di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, hubungan antara lingkungan sekolah dengan pembentukan karakter Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, dan pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif. Dalam penelitian ini instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Untuk data angket datanya diperoleh dengan menggunakan skala Likert, yaitu satu skala yang digunakan untuk mengukur sikap, disusun dalam bentuk pertanyaan dan diikuti 4 respon yang menunjukkan tingkatan dengan jawaban alternatif Selalu (SL), Sering (SR), Jarang (JR), dan Tidak Pernah (TP) untuk mengukur variable x dan y. Hasil menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah yaitu 51,85, variabel karakter siswa yaitu 63,38, hubungan lingkungan sekolah dengan pembentukan karakter siswa terdapat hubungan yang signifikan yaitu 0,443, sedangkan pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, Kecamatan Kota Pinang berada pada kategori sedang dengan interprestasi korelasi 0,40-0,599 hal ini ditandai dengan hasil perhitungan product moment yaitu 0,443. Sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,294. Ini berarti rhitung > rtable dengan nilai 0,443 > 0,294. Karena r0>rt pada taraf signifikan 5%, maka hasil penelitian adalah signifikan atau hipotesis telah diajukan diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di Pondok Pesantren Dar Al-Ma’arif, Kecamatan Kota Pinang.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan dan Pembentukan Karakter |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 03:05 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 03:05 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6783 |
Actions (login required)
View Item |