Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X IPA MAN 2 Model Medan T.P 2018-2019.

Fitri, Diyah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X IPA MAN 2 Model Medan T.P 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DIYAH FITRI SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dan kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X IPA MAN 2 Model Medan T.P 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian true eksperimental research (eksperimental sungguhan). Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan tahun ajaran 2018-2019 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 417 siswa. Dipilih sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas X-IPA 1 dengan jumlah 38 siswa untuk kelas eksperimen 1 dan kelas X-IPA 2 dengan jumlah 38 siswa untuk kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi SPLTV di MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019; 2) Terdapat pengaruh signifikan model PBL terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV di MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019; 3) Terdapat pengaruh signifikan model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman siswa pada materi SPLTV di MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019; 4) Terdapat pengaruh signifikan model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi SPLTV di MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019; 5) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa pada materi SPLTV di MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019; 6) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa pada materi SPLTV di MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019; 7) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran PBL dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa pada materi SPLTV di MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model PBL dan kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi SPLTV di kelas X IPA MAN 2 Model Medan T.A 2018-2019.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning dan Kooperatif tipe Jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:11
Last Modified: 01 Oct 2019 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item View Item