Evaluasi Program Metode Ummi Di SDIT Aliya Bogor

Pasaribu, Prengki and Mardianto, Mardianto and Ananda, Rusydi (2019) Evaluasi Program Metode Ummi Di SDIT Aliya Bogor. Edu Religia, 3 (1). pp. 43-50. ISSN 2579-5473 (online); 2579-5465 (print)

[img]
Preview
Text
3. RUSYDI ANANDA (JURNAL EDU RELIGIA 2019).pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program metode Ummi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Aliya Bogor tahun 2018 yang dilihat dari 1) landasan formal, tujuan, dan sasaran program metode Ummi di SDIT Aliya Bogor, 2) prosedur rekuitmen peserta didik, daya dukung orang tua, guru Al-Qur’an metode Ummi , ketersediaan sarana dan prasarana, pengelolaaan program metode Ummi serta pembiayaan program metode Ummi di SDIT Aliya Bogor, 3) kegiatan pembelajaran di SDIT Aliya Bogor yang mencakup (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan serta penilaian pembelajaran di SDIT Aliya Bogor, 4) Untuk mengetahui bagaimanakah laporan perkembangan metode Ummi peserta didik dan hasil belajar jilid 1-6, Al-Qur’an, Ghorib dan Tajwid di SDIT Aliya Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model Context, Input, Procces, Product . Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) evaluasi komponen konteks (C ontext ) yaitu landasan penyelenggaraan program metode Ummi , tujuan program metode Ummi SDIT Aliya Bogor, sasaran program metode Ummi SDIT Aliya Bogor, menetapkan pada kategori cukup sesuai dengan kriteria, 2) evaluasi komponen masukan ( Input ) yaitu tiga aspek yang terkategori baik adalah peserta didik, daya dukung orang tua, pembiayaan, sedangkan tiga aspek lagi yaitu guru Al-Qur’an metode Ummi , sarana dan prasarana, dan pengelolaan metode Ummi sesuai dengan kriteria Ummi Foundation, 3) evaluasi komponen proses ( Process) yang terbagi menjadi tiga aspek evaluasi yaitu perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan evaluasi sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan, dan 4) evaluasi komponen produk ( Product) yaitu laporan perkembangan metode Ummi peserta didik dan hasil belajar metode Ummi peserta didik sesuai dengan kriteria Ummi Foundation

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:14
Last Modified: 12 Sep 2019 02:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6718

Actions (login required)

View Item View Item