SIREGAR, SILVIE NAMORA ANGGELIE (2019) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTS AL HASANAH MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI VIE PDf.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah adanya sarana dan prasarana pendidikan yang merupakan bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu diharapkan kepada semua madrasah agar mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang baik yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik, maka semua fasilitas pendidikan selalu dalam kondisi siap pakai pada saat dibutuhkan, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien dan tercapailah tujuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif yakni pendekatan yang bersifat deskriptif, dalam bentuk data-data berupa keterangan subyek, uraian kata-kata atau kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi sarana dan prasarana pendidikan di MTs. Al Hasanah Medan, untuk mengetahui dan mendiskripsikan mutu pembelajaran yang ada di MTs. Al Hasanah Medan, untuk mengetahui dan mendiskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs. Al Hasanah Medan, dan untuk mengetahui dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs. Al Hasanah Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sarana dan prasarana yang ada di MTs. Al Hasanah Medan rusak ringan dan rusak berat untuk itu diperlukannya perbaikan sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana yang ada di MTs. Al Hasanah juga masih belum memadai, masih terdapat kekurangan sarana dan prasarana di MTs. Al Hasanah Medan. Mutu pembelajaran di MTs. Al Hasanah Medan lebih berpengaruh pada guru, siswa dan sarana. Kegiatan manajemen sarana dan prasarana yang ada di MTs. Al Hasanah Medan dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana. Dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana ii pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs. Al Hasanah Medan lebih mendominasi kepada faktor penghambat.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:33 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6635 |
Actions (login required)
View Item |