Menyusun strategi berbuah kinerja pendidik efektif

Hadijaya, Yusuf (2013) Menyusun strategi berbuah kinerja pendidik efektif. Perdana Publishing, pp. 1-245. ISBN 9786028935487

[img]
Preview
Text
Menyusun Strategi........pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku ini memaparkan tentang pengertian strategi hingga dapat dipahami maknanya dengan lebih baik oleh para personil pendidikan. Demikian pula dengan proses pengelolaan strategi yang dikenal dengan istilah manajemen strategis yang meliputi tahapan-tahapan seperti merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi. Manajemen strategis dapat mewakili perubahan radikal dalam filosofi bagi beberapa organisasi, sehingga penyusun strategi pada level strateginya masing-masing terlatih untuk mengantisipasi dan secara konstruktif merespon berbagai pertanyaan dan isu ketika hal tersebut muncul. Bagi para personil pendidikan dengan memahami strategi pada tingkat organisasi yang berbeda dapat membantu memastikan koordinasi, fasilitasi, dan komitmen serta menghindari ketidakkonsistenan, ketidakefisienan, dan salah komunikasi. Organisasi yang menjalankan aktivitasnya sebagai rutinitas belaka, akan tertinggal yang mengarah pada kinerjanya yang statis atau relatif menurun yang kemudian akan berpengaruh terhadap mutu layanan organisasinya. Strategi peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan di atas sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2010 - 2014 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan untuk lebih memantapkan pembangunan Indonesia di segala bidang dengan menekankan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk pengembangan kemampuan ilmu dan teknologi serta penguatan daya saing perekonomian. Demikian pula dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional hingga Tahun 2025. Manajemen strategis merupakan pendekatan sistematis yang dikembangkan menjadi lebih maju dan sempurna seiring dengan munculnya tingkat perubahan yang bergejolak dan makin kompleks serta hal-hal baru yang sering tak terduga. Sistem-sistem manajemen/pengelolaan yang sebelumnya diperbaharui dan dilengkapi dengan perencanaan jangka panjangnya. Dengan demikian sudah merupakan sesuatu yang penting bagi para Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas Sekolah/Madrasah, Guru Sekolah/Madrasah untuk lebih memahami tentang manajemen strategis tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dalam sebuah net work maupun team work yang solid dengan kemampuan mengelola informasi kuantitatif dan kualitatif yang dibutuhkan bagi pengambilan keputusan efektif dalam kondisi yang tidak menentu terhadap faktor-faktor yang akan mempengaruhi kinerjanya yang akan berpengaruh langsung terhadap tingkat mutu pendidikan suatu bangsa. Dengan kemampuan dari para SDM Pendidikan dari berbagai level itu dalam merumuskan dan memilih strategi, yaitu menetapkan langkah-langkah yang akan ditempuh dengan tingkat risiko terkecil yang didasarkan pada informasi hasil pengevalusian internal dan eksternal untuk mencapai keberlangsungan dan keunggulan organisasi akan dapat merespon sesuai dengan kapasitas dan tugasnya masing-masing apabila tindakan korektif dibutuhkan. Oleh karena itu, bagi para kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru dalam upaya peningkatan kinerja sudah selayaknya menerapkan sebuah strategi yang tepat bagi pengembangan SDM di lingkungannya yang mampu memenuhi kebutuhan seluruh personil dan sesuai dengan iklim sekolah untuk mengoptimumkan pengelolaan sekolah. Uraian dalam buku ini mencoba untuk berbagi ilmu, wawasan, dan pengalaman kepada rekan-rekan sejawat, yaitu para insan pendidikan demi terbinanya profesionalisme dalam mengemban tugas-tugas kependidikannya yang mulia.

Jenis Item: Buku
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Buku
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Jan 2016 05:10
Last Modified: 23 Feb 2017 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item