Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru BK Dengan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Layanan Informasi Di MAN 1 Medan

Siregar, Alfin (2018) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru BK Dengan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Layanan Informasi Di MAN 1 Medan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Medan. (In Press)

[img]
Preview
Text
PENELITIAN ALFIN DI MAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang peneltian ini adalah bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh Guru BK idealnya mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti layanan informasi, akan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang memiliki motivasi yang kurang bahkan ada pula yang tidak memiliki motivasi untuk mengikuti layanan informasi dari guru BK. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Medan tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 149 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengambilan sampel mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto yaitu mengambil 25% dari populasi yang ada yaitu 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukan dari 36 butir angket terdapat 32 butir terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukan koefisien reliabilitas sebesar 0,885 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan: Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik termasuk dalam kotegori cukup baik dengan presentase 44.73%, Motivasi Siswa untuk mengikuti layanan informasi termasuk dalam kategori cukup baik dengan presentase 46,66%. Berdasarkan analisis korelasi Product Moment menunjukan terdapat hubungan yang positif signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru BK dengan motivasi siswa dalam mengikuti layanan informasi dengan skor korelasi 0.691 dan signifikasinya sebesar 0.00 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru BK mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti layanan informasi

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:28
Last Modified: 03 Sep 2019 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item