Mutiah, Sri Ayu Miswatul (2019) Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii-1 Smp Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI SRI AYU MISWATUL MUTIAH 2019.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang, 2) tingkat prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang, 3) adanya pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan melalui teknik analasis korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya dengan hasil koefisien determinan sebesar 5,3361% dan 94,6639% prestasi belajar di pengaruh oleh faktor lain. Dengan dilakukan perhitungan secara keseluruhan maka hasil nilai “r” sebesar 0,231. Dan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata Df sebesar 30. Pada taraf signifikan 5% = 0,361, sedangkan taraf signifikan 1% = 0,463. Maka hasil yang didapat adalah “r” hitung lebih kecil baik pada taraf signifikan 5% (0,231 < 0,361) maupun 1% (0,231 < 0,463). Dengan demikian dapat diketahui, Hipotesis Nihil (Ho) ditolak sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dari perhitungan ini menunjukkan terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y, akan tetapi itu korelasi yang lemah atau rendah pada kelas VII-1 SMP Negeri 5 Seruway Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 02:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 02:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6403 |
Actions (login required)
View Item |