Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 101870 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019

Sari, Yola Kurnia Permata (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 101870 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tanpa TTD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 101870 Desa Sena. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101870 Desa Sena yang berjumlah 56 siswa dan sampelnya adalah kelas IV-A berjumlah 28 siswa dan kelas IV-B yang berjumlah 28 siswa. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 26 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah 20 soal valid dan 6 soal tidak valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Talking Stick adalah pre test sebesar 48,21 dan pos test sebesar 80,71 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 29,11 dan postest sebesar 53,57. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,693 > 1,671 pada taraf α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 101870 Desa Sena.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:50
Last Modified: 21 Aug 2019 02:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6391

Actions (login required)

View Item View Item