Budiman, Panca (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Melalui Metode Kitabah Pada Materi Surah Al-Bayyinah Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di MIS Al-Hidayah Desa Muka Paya Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
COVER 1.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menghafal siswa dalam mengikuti pelajaran Al-Qur’an Hadis, hal ini dapat dilihat dari proses belajar yang menunjukkan rendahnya ketuntasan belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa di bawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa kelas V MIS Al-Hidayah. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian di kelas V terdiri dari 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa adanya peningkatan kemampuan menghafal siswa sebelum dilakukan tindakan tergolong kurang baik dengan rata-rata 56,25, dan 25% siswa yang tuntas. Ketuntasan belajar siswa meningkat pada siklus I dengan rata-rata 73,54, dan 58,33% siswa yang tuntas. Ketuntasan belajar pada siklus II yaitu dengan rata-rata 79,37, dan 83,33% siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode menghafal kitabah dapat menigkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi Surah Al-Bayyinah di kelas V MIS Al-Hidayah Desa Mukapaya Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Sumatra Utara.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Menghafal Kitabah, Peningkatan kemampuan menghafal |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 04:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 04:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6371 |
Actions (login required)
View Item |