Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Role Playing Di Kelas V Min 4 Kota Medan

Wahyuni, Sri (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Role Playing Di Kelas V Min 4 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SRI WAHYUNI 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Role Playing dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus dan untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui penerapan model pembelajaran Role playing pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi. Penelitian ini dilakukan di MIN 4 Kota Medan kecamatan Medan Barat. Dan Subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas Vb dengan jumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapatkan nilai rata – rata sebesar 72,2 atau 25,92% tingkat keberhasilannya. Setelah diterapkannya model pembelajaran Role Playing pada siklus I hasil pelajaran PKn siswa memiliki nilai rata – rata 77,40 atau 59,2% tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata – rata 85 atau 88,88% tingkat keberhasilan pada siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkta dengan menggunakan model pembelajaran Role playing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:37
Last Modified: 14 Aug 2019 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6344

Actions (login required)

View Item View Item