:Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas XI MAN Stabat Kabupaten Langkat

Agustien, Dwi Rahayu (2019) :Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas XI MAN Stabat Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri, 2) pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Stabat. Kelas XI-IPA1 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dengan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen II dengan strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test yang berjumlah 20 butir soal. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji tuckey, hasilnya menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri di kelas XI-IPA1 MAN Stabat pada materi trigonometri diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 83,57.(2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir di kelas XI-IPA2 MAN Stabat pada materi trigonometri diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 74,28.(3) thitung > ttabel yaitu hal itu berarti Ha diterima dan HO ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas eksperimen II sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II di kelas XI IPA MAN I Stabat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:20
Last Modified: 13 Aug 2019 08:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6341

Actions (login required)

View Item View Item