Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Di Kelas V SD Swasta Al-Manar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T.A. 2018/2019

Hasibuan, Salma Syafawani (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Di Kelas V SD Swasta Al-Manar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T.A. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NO TTD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum diterapkannya model pembelajaran CRH pada kelas V SD Swasta Al-Manar Kec. Hamparan Perak (2) Penerapan model pembelajaran CRH dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada kelas V SD Swasta Al-Manar Kec. Hamparan Perak (3) Hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Al-Manar Kec. Hamparan Perak dalam pembelajaran PKn setelah diterapkannya model pembelajaran CRH. Jenis Penelitian berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian ini siswa kelas V SD Swasta Al-Manar Kec. Hamparan Perak T.A 2018/2019 di semester 2 sebanyak 25 orang siswa 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan dengan ketetapan KKM yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum diterapkannya model pembelajaran CRH belum terbukti memuaskan dengan presentase ketuntasan 28% (7 siswa) atau dengan nilai rata-rata 53,6 (2) Penerapan model pembelajaran CRH dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn sangat baik, karena dapat memberikan pemahaman dan pembelajaran yang lebih menyenangkan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik secara perorangan maupun kelompok (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kebebasan berorganisasi setelah menggunakan model pembelajaran CRH terbukti memuaskan dengan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 68% (17 siswa) dengan nilai rata-rata 69,2 dan pesentase kentuntasan pada siklus II sebesar 88% (22 siswa) dengan nilai rata-rata 80. Secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SD Swasta Al-Manar Kec. Hamparan Perak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:37
Last Modified: 14 Aug 2019 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6337

Actions (login required)

View Item View Item