Rangkuty, Misro Kesuma (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri No 101870 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi MISRO KESUMA RKT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri No 101870 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri No 101870 yang berjumlah 56 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas IVA dan IVB. Intstrumen penelitian berupa tes, yaitu pretest dan posttest sebanyak 20 soal pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan memperoleh rata-rata nilai 87,86. 2) Terdapat pengaruh pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan perolehan nilai rata-rata 73,39. Hal ini juga dibuktikan dengan pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 4,857 > 1,671. H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match mampu mempengaruhi hasil belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV, Batang Kuis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 02:04 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 02:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6333 |
Actions (login required)
View Item |