Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Thaharah Melalui Problem Based Learning Di Kelas VII Smp Swasta Nur Ihsan Medan Tahun Pelajaran 2018/2019

Mutiara, Tya (2018) Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Thaharah Melalui Problem Based Learning Di Kelas VII Smp Swasta Nur Ihsan Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TYA MUTIARA_31.14.4.049.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Problem Based Learning pada mata pelajaran Fikih matrei Thaharah dikelas VII SMP Swasta Nur Ihsan Medan, (2) peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa sesudah menggunakan Problem Based Learning pada mata pelajaran Fikih materi Thaharah diklas VII SMP Swasta Nur Ihsan Medan dan, (3) penerapan Problem Based Learning pada mata pelajaran fikih dikelas VII SMP Swasta Nur Ihdan Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas/ Classrom Action Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Nur Ihsan Medan, yang terdiri dari 26 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) hasil pre test yang dilakukan hanya 1 orang siswa yang mampu mencapai kriteria ketuntasan maksimum dengan nilai rata-rata 40.57 atau 11.53%. (2) Pada siklus I, kreativitas siswa belum mencapai kriteria pencapaian indikator kreativitas hanya beberapa siswa yang terbilang kreatif dengan nilai rata-rata 1.8. Pada siklus I ini yang mampu mencapai ketuntasan blajar hanya 7 siswa dengan nilai rata-rata 62.11 atau 57.67%. selanjutnya pada siklus II siswa sudah mampu mencapai indikator pencapaian kreativitas dengan nilai rata-rata 3.0. Pada siklus II siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan hasil belajar yaitu 17 siswa dengan nilai rata-rata77.50 atau 84.60%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Kreativitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:49
Last Modified: 13 Aug 2019 01:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6332

Actions (login required)

View Item View Item