Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Manajemen Berbasis Madrasah Di Mts Hubbul Wathon Sei Berombang

Sopiani, Sopiani (2019) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Manajemen Berbasis Madrasah Di Mts Hubbul Wathon Sei Berombang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL BAB I-V SOFII.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Manajemen Berbasis Madrasah di MTs. Hubbul Wathon dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. (2) bentuk pengawasan dan evaluasi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen berbasis madrasah di MTs Hubbul Wathon. (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan manajemen berbasis madarsah di MTs Hubbul Wathon.(4) Faktor pebdukung dalam meningkatkan manajemen berbasis madarah di MTs hubbul wathon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dari 7 orang sebagai informan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk menguji validitas data dilakukan uji credibility dengan menggunakan teknik triangulasi, uji transferability, uji dependility dan uji comformity. Berdasarkan hasil pembahasan data penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) upaya kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen berbasis madarsah di mts hubbul wathon, sei berombang, yaitu: yaitu: Sebagai edukator, manager, administator, supervisor, leader, inovator, motivator. Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan MBM: a) Menjabarkan visi ke dalam misi untuk mencapai target mutu, b) Kepala madrasah merumuskan tujuan dan target mutu yang akan dicapai, (c) Melibatkan dewan guru dan tata usaha dalam pengambilan keputusan penting madrasah, f) Memberikan dan meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan. (2) bentuk pengawasan dan evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen berbasis madrasah sekolah di mts hubbul wathon sei berombang, yaitu: yaitu: a. Langsung, kepala madrasah langsung terlibat dengan cara mengadakan kunjungan langsung dari kelas ke kelas dalam kegiatan formal pembelajaran. b. Tidak langsung, kepala madrasah melakukan pengawasan dari data yang diporoleh dari informasi yang didapat saat pengawas pusat melakukan kunjungan untuk mengawas di MTs hubbul wathon ini. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hal yang sudah dicapai dari rencana awal yang telah ditetapkan. dapat memunculkan ide-ide kreatif dan mampu mendorong adanya perubahan ke arah yang lebih baik, evaluasi yang dilakukan tidak hanya berfokus pada kegiatan KBM saja, ada juga beberapa hal yang memang harus tersentuh dari fungsi evaluasi, antara lain SDM (tenaga pendidik dan kependidikan), input (siswa), sarana, keungan serta hubungan dengan masyarakat. Hal ini dapat dan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan citra dan mutu lembaga. (3) Faktor pendukung terhadap peningkatakan MBM di MTs hubbul wathon ini. (a). MTs hubbul wathon terletak pada jalur utama desa, sehingga akses pendidikan bagi guru atau siswa cukup baik, (b). Memiliki sarana dan prasana yang cukup memadai, mulai dari lapangan dan kepemilikan lahan yang cukup luas, (c). Adanya kekompakan antara guru dalam mendukung segala kebijakan yang dibuat oleh pihak madrasah. 4) Faktor penghambat terhadap peningkatan MBM di MTs hubbul wathon ini. Minimnya pendanaan yang kurang, dan SDM yang masih belum sesuai dengan keinginan lembaga. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Manajemen Berbasis Madrasah

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:11
Last Modified: 13 Aug 2019 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6323

Actions (login required)

View Item View Item