Pengaruh model pembelajaran role Playing terhadap hasi belajar siswa kelas IV MIN 8 Medan Kecamatan Medan Petisah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) T.A 2018/2019

Lubis, Novita Maharani (2019) Pengaruh model pembelajaran role Playing terhadap hasi belajar siswa kelas IV MIN 8 Medan Kecamatan Medan Petisah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NovitaMaharaniLubis_doc.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penggunaan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran PKn, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN, 3) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 40 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel total atau Total Sampling yaitu sampel adalah keseluruhan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Role Playing pembelajaran PKn yaitu kelas IVB yang berjumlah 20 siswa, dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ceramah dan media buku paket PKn yaitu kelas IVA yang berjumlah 20 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil belajar PKn siswa dilihat dari rata-rata nilai tes akhir (post tes)pada kelas eksperimen (IVB) dengan menggunakan model Role Playing Pembelajaran PKndiperoleh rata-rata post test 83,50 sedangkan kelas kontrol (IVA) dengan menggunakan model ceramah dan media buku paket pembelajaran PKn diperoleh rata-rata post test 61,50. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Role Playing memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh hasil yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,048 > 0.013 (n=38) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV MIN8 Medan Kecamatan Medan Petisah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:43
Last Modified: 09 Aug 2019 02:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6265

Actions (login required)

View Item View Item