Nasution, Asroya Linda (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V MIS Al-Khairiyah Stabat Kab. Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Asroya Linda Nasution.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran role playing dalam mengajar IPS. Subyek pada penelitian ini dilakukan adalah siswa-siswa kelas V MIS Hidayatullah Batang Kuis, dengan sampel sebanyak 18 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada tes awal terlihat bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 22,2% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 4 orang sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang (77,8%). (2) pada tindakan siklus I yaitu dengan menerapkan strategi role playing diperoleh 10 orang yang tuntas (55,5%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 orang (44,5%). (3) Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang (88,9%) dan hanya 2 siswa yang belum tuntas (11,1%), dan (4) pembelajaran IPS dengan menerapkan strategi role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hidayatullah Batang Kuis. Demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menerapkan strategi role playing ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIS Hidayatullah Batang Kuis.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar Strategi Role Playing |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 03:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 03:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6177 |
Actions (login required)
View Item |