Evaluasi Program Pembinaan Guru

Asrul, Asrul and Nasution, Inom and Karima, Muhammad Kaulan and Juliani, Juliani (2019) Evaluasi Program Pembinaan Guru. In: Proceeding Of The 12th International Workshop And Conference Of Asean Studies In Islamic And Arabic Education, Linguistics, Social Sciences And Educational Technology 2019, 20 Mei 2019, Malaysia. (In Press)

[img] Text
44 DRS ASRUL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi program merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program tersebut telah terlaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi, kendala dan hambatan pelaksanaan program, serta upaya untuk mengatasi kendala dan hambatan program pembinaan guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi terhadap Program Pembinaan Guru di MAN 1 Medan. Hasil penelitian ini adalah program pembinaan guru yang dilaksanakan di MAN 1 Medan yaitu: peningkatan kualifikasi pendidikan guru, penyetaraan dan sertifikasi guru, pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, supervisi pendidikan, pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), simposium guru. Kendala mengalami kendala yang dipengaruhi oleh faktor yaitu faktor struktural, faktor personal guru, faktor ekonomis guru, faktor sosial, dan faktor budaya. Tiga hal yang menjadi hambatan dalam kemajuan pendidikan sebagai berikut: a). Kesiapan pemerintah daerah dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, b). Lemahnya monitoring dan evaluasi, c). Formulasi supervisi kelembagaan yang dianggap masih lemah, Upaya dalam pembinaan kompetensi guru keagamaan di MAN 1 Medan yang dilakukan pemerintah tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan tenaga pendidik khususnya guru. Pemerintah telah melakukan langkah-langkah strategis dalam kerangka peningkatan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan serta perlindungan hukum dan perlindungan profesi bagi mereka.

Jenis Item: Konferensi atau Workshop (Paper)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Program Pembinaan Guru, Kendala
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Jul 2019 09:23
Last Modified: 16 Jul 2019 09:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item