Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) di Kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.A 2018/2019

Ainun, Nur (2018) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) di Kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR AINUN NIM. 35143074.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) di Kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa yang berjumlah 182 siswa, yang terdiri dari 5 kelas. Dan kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen pertama yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen kedua yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil analisis data yang dilakukan dengan Uji-t ini menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) di Kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.A 2018/2019. Dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini sesuai dengan nilai rataan hitung hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen A1 dengan perolehan nilai rata-rata 68,33 dan kelas eksperimen A2 dengan perolehan nilai rata-rata 76,25.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Tipe NHT (Numbered Heads Together)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:01
Last Modified: 30 Jul 2019 02:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6145

Actions (login required)

View Item View Item