Pemikiran Pendidikan Hos Tjokroaminoto

Hasibuan, Humaidah (2019) Pemikiran Pendidikan Hos Tjokroaminoto. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. pp. 1-54.

[img]
Preview
Text
pemikiran pendidikn tjokro. jurnal.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Perjalanan sejarah pendidikan Islam di Indonesia tidak lepas dari pengaruh kekuasaan sejak era kolonialisme sampai era Orde Baru, turut dipengaruhi pula oleh kekuasaan. Berawal dari dualisme kepemimpinan agama di masyarakat; kepemimpinan formal yang biasanya disebut penghulu dan kepemimpinan non formal yang disebut dengan kyai. Penghulu diangkat dan digaji oleh pemerintah sementara kyai diangkat oleh masyarakat. Penghulu mungkin seorang santri atau masyarakat umum yang dianggap bisa agama meskipun tidak dari pesantren, sementara kyai pada umumnya dari pesantren atau bahkan memiliki pesantren, surau, atau dayah. Posisi dan peran penghulu sering kali berbenturan dengan posisi dan peran kyai oleh karena kedua-duanya memiliki kepentingan yang berbeda. Karena itu, perlu untuk menjenguk kembali kepada khazanah sejarah pendidikan Islam Indonesia, apa yang telah dilakukan oleh tokoh pendidikan seperti H.O.S Tjokroaminoto di masa lalu terkait masalah pendidikan

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Hos Tjokroaminoto
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:50
Last Modified: 12 Jul 2019 02:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item