Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Di Min 1 Kec. Padang Hulu Kota Tebing Tinggi Ta. 2018/2019

Nisa, Halimatun (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Di Min 1 Kec. Padang Hulu Kota Tebing Tinggi Ta. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Halimatun_doc.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tebing Tinggi, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diajarkan dalam pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match di MIN 1 Tebing Tinggi, 3) Adanya pengaruh pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Matchterhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIN 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah di validkan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match berperan sebagai model yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran yang membuat peserta didik mampu berfikir secara kreatif dalam menanggapi pembelajaran yang diajarkan oleh guru, 2) Hasil belajar IPA pada kelas eksperimen (IV B) dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match diperoleh rata-ratapost test 83,833 sedangkan kelas kontrol (IV A) dengan menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab diperoleh rata-rata pot test 70,67. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pemebelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) berdasarkan uji statistic t pada saat post test bahwa diperoleh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,606>1,67 (n=30) dengan taraf signifikan 0,05 atau 95% yang menyatakan terima Ha dan tolah H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Matchberpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 1 Tebing Tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Make a Match, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:54
Last Modified: 27 Jun 2019 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item